Kamis, 06 Juni 2013

Perlukah Sertifikasi Pekerjaan di Bidang IT ?


Apakah sertifikasi itu sangat diperlukan untuk dibidang IT ? padahal asalkan skill yang kita miliki bisa sesuai dengan kualifikasi pekerjaan di bidang IT, kita bisa bekerja dan bukankah sertifikasi biasanya hanya untuk bidang seperti pendidikan, mengapa harus menggunakan sertifikasi untuk bidang ini ? sebelum itu kita lihat apakah pengertian dan manfaat dari sertifikasi .

Secara garis besar sertifikasi IT adalah "sebuah bentuk penghargaan yang diberikan kepada seorang individu yang dianggap memiliki keahlian dalam bidang IT tertentu / spesifik". Bentuk penghargaan ini berupa sertifikat khusus yang umumnya disertai dengan titel tertentu. Jika pernah mendengar istilah semacam CCNA, MCTS, CEH, OCP, dlsb, itulah contoh titel bagi seorang pemegang sertifikat IT. Sertifikat IT ini berlaku Internasional dan dirilis / diterbitkan oleh vendor atau organisasi khusus yang tentunya sudah diakui secara Internasional juga. Bidangnya sendiri beragam, mulai dari sistem operasi, aplikasi, networking, programming, database, hingga IT management.

Sertifikasi ini memiliki tujuan untuk membentuk tenaga praktisi TI yang berkualitas tinggi, serta standar kerja TI yang tinggi, juga pengembangan profesional yang berkesinambungan. Sedangkan bagi tenaga TI profesional tersebut sertifikasi ini merupa kan pengakuan akan pengetahuan yang kaya (bermanfaat bagi promosi, gaji), perencanaan karir, profesional development, dan meningkatkan international marketability. Ini sangat penting dalam kasus, ketika tenaga TI tersebut harus bekerja pada perusahaan m ultinasional. Perusahaan akan mengakui keahliannya apabila telah dapat menunjukkan sertifikat tersebut.  Dan bagi masyarakat luas sertifikasi ini menjadikan mereka memiliki staff yang up to date dan berkualitas tinggi. Juga untuk memperoleh citra perusahaan yang baik, keuntungan yang kompetitif, merupakan alat ukur yang obyektif terhadap kemampuan staff, kontraktor dan konsultan. Secara langsung dan tidak langsung akan meningkatkan produktifitas secara mikro maupun makro. 

Contoh Sertifikasi IT

Melihat dari pengertian dan manfaat dari sertifikasi pekerjaan di bidang IT sangatlah diperlukan dan dibutuhkan untuk para pekerja IT namun para pekerja IT sendiri masih belum menyadari betapa pentingnya sertifikasi ini. Memang ada yang menyadari pentingnya sertifikasi tetapi terkadang terhalang oleh biaya yang tentu tidak sedikit atau murah. Biayanya sendiri bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah untuk satu kali ujian. Jika tidak lulus jelas uang tidak akan kembali yg artinya jika ingin mengulang kembali ujian tersebut maka kita harus membayar sejumlah uang lagi. Oleh karena itu, persiapkan diri sebaik - baiknya sebelum mengikuti ujian agar biaya yg sudah dibayarkan tidak sia - sia. Sertifikasi IT berlaku dan diakui secara Internasional, dan bahasa yg dipergunakan jelas adalah bahasa Inggris. Dari mulai formulir pendaftaran ujian, formulir feedback, petunjuk pelaksanaan ujian hingga soal - soal ujiannya semuanya menggunakan bahasa Inggris.
Di Indonesia, Kementrian Komunikasi dan Informatika ( KOMINFO ) juga sudah menyelenggarakan pelatihan dan sertifikasi secara gratis namun daya tampung nya masih terbatas. Oleh karena itu pemerintah harus bisa lebih memerhatikan tentang sertifikasi ini agar para pekerja IT di Indonesia juga bisa diakui baik secara nasional atau internasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar