Kamis, 06 Juni 2013

Pekerjaan di bidang TI sebagai Sebuah Profesi


Terkadang pekerjaan yang dimiliki seseorang disebut profesi. Profesi adalah pekerjaan yang dilakukan sebagai kegiatan pokok untuk menghasilkan nafkah hidup dan yang mengandalkan suatu keahlian. Jelaslah dalam pengertian tersebut bahwa profesi adalah yang mengandalkan suatu keahlian yang dia miliki bukan pekerjaan yang dia miliki dan dia bisa mengerjakannya. Dalam mengaplikasikan ilmunya atau menjalankan profesi IT bukan mudah dan bukan tidak sukar, yang terpenting adalah kita mampu menempatkan diri pada posisis yang benar. Profesi IT dianggap orang lain adalah profesi khusus karena keahlian yang ia miliki maka dari itu kita bisa menentukan tapi dengan ikatan yang jelas. 

Sebagai contoh, pekerjaan sebagai staf operator komputer (sekedar mengoperasikan), tidak masuk dalam golongan profesi jika untuk bekerja sebagai staf operator tersebut seseorang bisa dari berbagai latar belakang pendidikan, pengetahuan dan pengalaman. Sedangkan seorang software enginer dapat dikatakan sebagai sebuah profesi karena seseorang yang bekerja sebagai software enginer haruslah berpengetahuan dan memiliki pengalaman kerja di bidangnya.

Dalam sebuah profesi tidak semata mengandalkan pengetahuan dalam ilmu komputer saja melainkan interdisipliner dari berbagai bidang ilmu yang saling mengisi dan saling mendukung dalam menjalankan tugasnya. Kelemahan pekerjaan di bidang IT yaitu belum memiliki sebuah organisasi yang menaungi para profesi IT seperti Software Engineer belum memiliki organisasi profesi. Padahal sebuah organisasi profesi sangat dibutuhkan guna untuk melindungi para profesi IT itu sendiri.

 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar